Rabu, 09 Januari 2008

Tugas UAS Sistem Informasi Manajemen


PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERSAINGAN USAHA

PENDAHULUAN

Assalamualaikum warah matullahi wabarakatuh,

Puji dan syukur hanyalah patut kita panjatkan kehadiratNYA yang selalu memberikan kita kemampuan untuk mengerjakan dan menyelesaikan semua tugas kita, shalawat teriring salam atas Nbai Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan mudah-mudahan kita tergolong sebagai umatnya.

Dewasa ini informasi merupakan hal yang sangat urgen dalam menjalankan aktivitas manusia dalam berbagai hal, salah satunya berkenaan dengan persaingan usaha. Karena setiap tindakan dan keputusan yang kita lakukan itu sebagian besar dipengaruhi oleh informasi yang kita dapatkan. Kini informasi-informasi yang kita butuhkan bisa kita peroleh dengan mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.

Berikut ini kelompok kami akan menjelaskan sedikitnya berkenaan dengan teknologi informasi, khususnya peran teknologi informasi itu sendiri terhadap persaingan usaha. Yang akan kita mulai dengan pengertian, konsep dan lain sebagainya.

PEMBAHASAN

A. Teknologi Informasi dan Komputer-komputer Mini

Teknologi informasi

a. pengertian teknologi informasi

Teknologi informasi merupakan revolusi yang brkenaan dengan masalah berita dan pesan. Hal ini ditandai dengan kemudahan,kecepatan dan ketepatan untuk memperoleh serta menyebarkan berita dan pesan. Tidak hanya itu kita juga bisa menyusun, menciptakan dan menggunakannya untuk berbagai macam kepentingan, termasuk juga untuk mempengaruhi.

b. Konsep teknologi informasi

Dalam hal ini ada dua pandangan yang pada dasarnya adalah sama. Pandangan pertama mereka yang lebih menekankan pada teknologinya dari pada informasinya lebih suka menyebutnya revolusi tekonologi komunikasi pada pandangan kedua ini terdapat dua pengetian, yang pertama lebih menunjukan pada alat-alat pemindahan berita. Seperti telepon,telegram,facsimile,telex dan lain sebagainya. Yang kedua lebih menunjukan pada alat-alat pemindahan manusia atau barang. Seperti mobi,pesawat terbang, kereta api dan lain sebagainya. Sedangkan pandangan kedua itu sebaliknya.

Komputer

Salah satu fasilitas yang ada akibat dari revormasi teknologi informasi yang terjadi adalah computer mini. Computer mini saat itu sudah banyak digunakan oleh setiap orang, perusahaan,pertokoan,lembaga-lembaga dll.toko-toko penjualan computerpun banyak bermunculan, macamnya pun selalu dan akan terus berubah sesuai dengan perubahan zaman dan keperluan.

Kemampuan computer antara lain sebagai berikut :

ü Sebagai mesin ketik,pengolah data ,alat hitung

ü Menyimpan data dan menghadirkannya apabila dibutuhkan

ü Digunakan untuk menyimpulkan dan mendeskripsikan keadaan yang ada

ü Untuk membantu diagnosa dalam kedoteran

ü Untuk membantu pengajaran dalam pendidikan

ü Untuk merancang dan menghasilkan berita

ü Perencanaan penerbangan luar angkasa, dll.

B. Kegiatan Bernilai Dalam Perusahaan

Kegiatan bernilai

Kegiatan bernilai dalam suatu perusahaan adalah aktivitasnya dalam menghasilkan produk baik barang maupun jasa, produk tersebut kemudian di jual kepada para konsumen yang akhirnya menghasilkan keuntungan.

Ada berbagai macam kegiatan dalam menghasilkan produk, semua kegiatan tersebut dapat di bagi memjadi dua katagori yaitu :

a. Kegiatan primair

Adalah kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan dan produk yang bersangkutan yang terdiri dari:

ü Penyajian logistic produksi

ü Produksi

ü Logistic pemasaran dan penjualan

ü Pemasaran, dan

ü Pelayanan.

b. Kegiatan bernilai

ü harus ada insfratruktur perusahaan

ü harus ada pengelolaan sumber daya manusia

ü pengembangan teknik

ü pembelian alat-alat dan bahan untuk keperluan produksi.

Hubungan antar kegiatan bernilai

Ada atau tidak adanya hubungan ini sangat berpengaruh besar pada biaya yang akan dikeluarkan dan keuntungan yang akan didapatkan. Contoh apabila tidak ada hubungan antar pembelian dan produksi. Maka bahwa terjadi bahwa pembelian membeli barang yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan untuk keperluan produksi, sehingga pembelian baru, harus dilakukan agar produksi dapat berlangsung.

Posisi dalam persaingan

Posisi suatu perusahaan dalam persaingan ditentukan oleh biaya untuk menyelenggarakan rantai nilai perusahaan.

Koordinasi kegiatan dibanyak Negara

Dalam menjalin hubungannya perusahaan harus bisa mengkoordinasikan berbagai macam kegiatan yang bernilai di berbagai Negara yang mempunyai dengan perusahaan yang bersangkutan. Mejaga koordinasi yang baik dengan Negara lain sangat sulit dilakukan kalau tanpa ada teknologi informasi untuk saling tukar menukar informasi.

Dua cara bersaing

Agar suatu perusahaan selalu menang dalam persaingan ada dua hal yang harus dilakukan:

a. Menekan biaya kegiatan bernilai,dan

b. Meningkatkan martabat perusahaan.

Teknologi informasi menduduki peran strategis

Dalam hal ini kita bisa melihat berbagai macam fakta yang terjadi disekeliling kita. Dalam tranformasi kini tidak lagi memerlukan waktu yang lama, dalam hubungan kini menjadi lebih cepat dan mudah meskipun jaraknya jauh. Jelasnya dengan adanya teknologi informasi mulai dari yang sederhana sampai dengan yang canggih. semua aktivitas manusia itu sangat terbantu di segala hal dan bidang. Revolusi teknologi informasi mempengaruhi berbagai segi kehidupan. Dalam rangka ini terciptalah berbagai macam alat, misalnya mesin pencatat kehadiran pegawai di tempat kerja. Karena itu dikatakan bahwa revolusi ini memiliki peran yang strategis.

Unsur informasi dalam kegiatan bernilai

Hal ini di bagi menjadi dua unsure antara lain sebagai berikut :

a. Unsure physic ( pelaksanaan kegiatan yang bersangkutan )

b. Unsure pengelolaan informasi ( menggunakan data yang diperlukan untuk melakukan kegiatan yang bersangkutan )

C. Peran Teknologi Informasi dalam Persaingan

System informasi memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan koordinasi kegiatan bernilainya, walaupun berada ditempat jauh yang berbeda. Hal ini bisa terjadi karena adanya teknologi informasi konvensional maupun teknologi informasi yang baru. Dengan demikian teknologi informasi menimbulkan dampak pada luas kancah persaingan. Dengan adanya teknologi informasi wilayah usahapun semakin jadi tidak terbatas sehingga wilayah persaingan pun jadi tidak terbatas. Artinya kebutuhan akan informasipun semakin banyak.

Unsure informasi berkenaan dengan produk

Sebagaimana halnya dengan kegiatan bernilai, pada umumnya setiap produk juga mengandung unsure physic dan unsure informasi. Unsure pisik berupa barang yang bersangkutan, sedangkan unsure informasi meliputi segala hal yang berkenaan dengan produk itu sendiri yang perlu di ketahui oleh para pembeli agar tertarik dan membelinya.

Arah dan kecepatan perkembangan

Dalam hal ini teknologi informasi sangat dibutuhkan, karena semakin banyak informasi yang diperoleh oleh sebuah perusahan berkenaan dengan bidang yang di gelutinya maka akan semakin terarah dan cepat perkembangan perusahaan itu. Karena dengan informasi yang didapatkannnya itu sebuah perusahaan akan lebih efisien dan efektif dalam mengambil keputusan untuk perkembangan perusahaannya.

Tiga perubahan

Teknologi informasi mempunyai tiga macam arti pada persaingan usaha :

a. Struktur usaha

b. Menyediakan tambahan sarana berkompetisi,dan

c. Melahirkan jenis usaha yang baru.

Ada lima kekuatan yang berlaga dan yang bersama-sama menentukan keberuntungan suatu perusahaan antara lain sebagai berikut :

ü Konsumen,

ü Pemasok,

ü Kelahiran perusahaan baru,

ü Produk lain yang sam/serupa, dan

ü Persaingan dengan perusahaan yang ada.

v Menyediakan tambahan sarana kompetisi

Teknologi informasi dapat dipergunakan untuk mengumumkan apa yang sedang diteliti oleh perusahaan dan untuk mendeskripsikan secara canggih produk perusahaan yang bersangkutan. Misalnya dalam iklan,dengan demikian dapat membantu meningkatkan martabat perusahaan.

D. Yang Harus Diperhatikan Apabila Hendak Membeli Komputer

Satu set komputermini terdiri dari enam komponen poko antara lain sebagai berikut :

a. Unit pemrosesan pusat ( Central Processing Unit / CPU )

b. Ingatan ( memory )

c. Perangkat masukan

d. Monitor

e. Pencetak /printer

f. Perangkat penyimpanan.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam membeli computer mini antara lain sebgai berikut

v Otak adalah bagian computer yang mengetengahkan logika. Otak ini terdiri atas materi kecil yang disebut dengan pemrosesab mikro atau Micro Processor. Kita harus perhatikan dan memilih computer yang pemrosesan nya cepat ( prosesornya bagus dan ukurannya harus besar ) sebagai satuan pengukur processor ini adalah bit bukan byte.

v Ingatan adalah hal yang selanjutnya kita perhatikan. Ingatan ini biasa disebut dengan RAM ( read only memory ). Lihatlah besar ingatan atau kemampuan ingatan dari computer yang kita beli. Belilah computer yang ingatannya lebih besar dengan satuan ukurnya yaitu kilo byte.

v Perangkat masukan ini berupa keyboard yang biasa digunakan untuk mengetik dan mouse yang biasa digunakan untuk memberi perintah pada computer.

v Percetakan adalah alat untuk mencetak data-data kita kehendaki dari computer yang biasa disebut dengan printer.

v Modem adalah alat yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan yang lain melalui computer.

v Generasi computer, computer mini berevolusi sedemikian rupa berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan manusia. Computer generasi terbaru biasanya lebih canggih dan baik dari pada generasi sebelumnya baik dalam hal otaknya, ingatannya, percetakannya dan lain sebgaainya.

KESIMPULAN

Dari pemaparan diatas dapatlah disimpulakan bahwa peran dari pada teknologi informasi dalam persaingan usaha itu sangat dibutuhkan sekali, karena dengan adanya teknologi informasi ini suatu perusahaan baik yang sudah besar maupun yang belum itu bisa lebih cepat dan mudah dalam pendapatkan informasi sebanyak mungkin. Informasi terbaru meskipun jaraknya jauh itu bisa dengan cepat dan mudah untuk didapatkan. Guna untuk meningkatkan persaingan dan mengembangkan perusahaan yang di kelola. Yang pada akhirnya keuntungan yang didapatpun akan lebih menjadi lebih besar.

Dalam membeli computer yang harus diperhatikan adalah otak atau prosesor, ingatan atau ram, printer, generasinya dan lain sebagainya bila diperlukan.


REFERENSI

Drs. Sugito Sudrajat.dkk, Sistem Informasi Manajemen,( Jakarta: Universitas Terbuka, 2001 ) cet.4,hal.9.1-9.42.

Tidak ada komentar: